SUARA GANJAR DI PULAU JAWA MASIH TERTINGGI DIBANDING CAPRES LAIN

                               


 

SUARA GANJAR DI PULAU JAWA MASIH TERTINGGI DIBANDING CAPRES LAIN

 

Ganjar Pranowo masih menguasai Pulau Jawa meski elektabilitasnya kalah telak dari Prabowo Subianto di wilayah Jawa Barat.

 

Elektabilitas Prabowo di Jawa Barat mencapai 29 persen sementara Ganjar Pranowo 15 persen.

 

Meski demikian, Ganjar Pranowo unggul di dua provinsi yakni Jawa Tengah dan Jawa Timur.

 

Sedangkan Prabowo untuk Pulau Jawa unggul di Banten dan Jawa Barat.

 

Meski sama-sama unggul di dua provinsi tersebut, Ganjar Pranowo masih memimpin dalam elektabilitas di Pulau Jawa.

 

Hasil tersebut merupakan hasil rilisan terbaru Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA.

 

LSI merilis hasil survei terbaru dari simulasi elektabilitas tiga capres potensial di lima provinsi terbesar di Indonesia.

 

Dari hasil survei yang dilakukan kepada tiga capres potensial yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.

 

Nama Prabowo Subianto menguasai tiga wilayah dengan elektabilitas tertinggi, Ganjar kuasai Pulau Jawa, sementara Anies hanya bisa mengimbangi.

 

Adapun survei LSI Denny JA tersebut telah dilakukan pada 3 - 14 Mei dengan melibatkan 1.200 responden dengan metode teknik pengumpulan data tatap muka.

 

"Lima provinsi terbesar di Indonesia adalah Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, dan Banten."

 

"Jumlah pemilih di lima provinsi terbesar ini populasinya mencapai 57.6 persen dari populasi nasional," kata Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa, pada paparannya di Kantor LSI, Jakarta Timur, Senin (29/5/2023).

 

Untuk wilayah Jawa Barat, saat ini dikatakan Ardian yang unggul adalah Prabowo dengan perolehan 29%, diikuti Anies dengan perolehan 26.3%, dan Ganjar dengan 15%.

 

"Jawa Timur, saat ini yang unggul adalah Ganjar dengan perolehan 35.3%, diikuti oleh Prabowo dengan perolehan 20.2%, dan Anies dengan perolehan 8.2%," sambungnya.

 

 Sementara itu untuk Jawa Tengah dikatakan Ardian yang teratas adalah Ganjar dengan perolehan 55.2%, diikuti Prabowo dengan perolehan 20.4%, dan Anies dengan perolehan 4.3%.

 

"Sumatera Utara, saat ini yang menang adalah Prabowo dengan perolehan 50,0%, diikuti oleh Anies dengan perolehan 32.6%, dan Ganjar dengan perolehan 16.2%," jelasnya.

 

Sedangkan untuk Banten, yang merupakan provinsi terbesar kelima, dari survei LSI Denny JA unggul Prabowo dengan perolehan 48.2% diikuti oleh Anies dengan perolehan 17.5%, dan Ganjar dengan perolehan 17.5%.

 

"Prabowo menang di 3 provinsi terbesar (Jawa Barat, Sumut, Banten) Ganjar menang di 2 provinsi terbesar (Jawa Tengah dan Jawa Timur)," kata Ardian.

 

Dikatakan Ardian, teritori Jawa Tengah dan Jawa Timur menjadi lumbung suara Ganjar.

 

Di dua provinsi ini Ganjar mendapatkan dukungan terbesar.

 

"Namun dominasi Ganjar di Jawa Tengah dan Jawa Timur bisa tergerus. Ini akan terjadi jika di dua provinsi terbesar itu menjadi pertarungan relawan jokowi pro prabowo vs relawan jokowi pro Ganjar," tutupnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL GUNTA GANTI NAMA ANIES JAGONYA, TAPI KALO SOAL KERJA BUKAN BIDANGNYA

Bermodal Prasasti Gubernur Anies Sebagai Bukti Hak, Warga Bobol Kampung Susun Bayam

BARU BALIK DARI JAWA TENGAH, JOKOWI LANGSUNG TINJAU KESIAPAN MUDIK DI PELABUHAN MERAK